WELCOME TO NUR. AMALIAH BLOG'S

BISMILLAHI RAHMANIRRAHIM...
ASSALAMU ALAIKUM WR. WB...

Rabu, 10 November 2010

Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Jelaskan pengertian web blog?
Jawab :
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara terus-menerus dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik, disertai dengan komentar-komentar pemilik blog dan pengunjungnya. Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan keinginan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet atau “diary online”, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

2. Jelaskan manfaat blog dalam dunia pendidikan?
Jawab :
manfaat blog bagi dunia pendidikan antara lain :
1. Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
3. menjadi media pembelajaran,untuk mendapat pengetahuan yang luas melalui media ini.
4. bisa menjadi media komunikasi,kita dapat saling mengomentari sesuatu yang kita tulis oleh orang lain,kita juga dapat chating di blog tersebut.
Dalam dunia pendidikan pemanfaatan media blog dapat meningkatan kualitas diri dan kompetensi seorang guru. Blog bisa menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan‐tulisan juga dikomentari oleh banyak orang dengan berbagai sudut pandang, sehingga kita juga belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang menyikapi masalah. Selain itu dengan memanfaatan media blog memungkinkan seorang guru untuk bertukar pikiran dengan guru lain di manapun, sharing kiat mengajar , bahan ajar dan sebaginya yang semuanya memperlancar kegiatan belajar mengajar dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan pendidikan pada umumnya. Bagi guru weblog berguna sebagai media ajar maupun media belajar. Sebagi media ajar seorang guru dapat ”mempostingkan” bahan ajarnya di sini sehingga siswanya dapat mempelajarinya melalui weblog ini. Bahkan lebih dari itu, tidak hanya siswanya secara formal saja yang dapat menikmati bahan ajar itu melainkan semua orang yang membutuhkannya. Sebagai media belajar weblog dapat digunakan untuk mempostingkan atau mengarsip apa‐apa yang didapat setelah berselancar di internet. Bagi siswa web blog dapat digunakan sebagai media belajar karena materi ajar yang akan diberikan di sekolah ditampilkan sebagi layout halaman web. Hal ini sebagi suatu solusi sistem pengajaran di luar kelas sekaligus mengenalkan anak dalam dunia teknologi dan informasi khususnya “dunia internet”.Sebagi media mengajar atau lebih tepatnya media saling berbagi bagi siswa khususnya siswa SMP ke atas hinggga tingkat mahasiswa.
Kekuatan blog dalam dunia pendidikan
1. Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
2. Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
3. Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
4. Relatif lebih hemat biaya
5. Menembus ruang & waktu
6. Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan
tidak tertulis)
7. Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
8. Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif dan guru pun juga dapat mengecek tugas murid nya dengan cara membuat tugasnya di blog dan dengan begitu guru dapat melihat tugas murid dengan praktis dan dapat mengakses nilai murid tersebut dengan mudah. kemudian murid juga dapat merasakan manfaat dari blog jika ada tugas ia bisa melihat dari blog guru yang bersangkutan (jika guru tersebut memiliki blog)

3. Jelaskan kategori blogger dan penyedia jasa blog (minimal 5)?
Jawab :
Pada dasarnya bloger dapat dikategorikan menjadi kategori yaitu:
a. Personal Blogger Orang yang hanya menulis catatan hariannya di blog.
b. Business Blogger Orang yang menggunakan blog untuk mempromosikan produknya.
c. Organizational Blogger Orang yang menggunakan blog untuk keperluan komunitasnya.
d. Professional Blogger Adalah bloger yang dibayar untuk melakukan aktifitas blognya
e. Educational blogger adalah blog yang memberikan informasi kepada pembaca tentang pendidikan

4. Jelaskan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum membuat blog?
Jawab :
Ada beberapa hal yang mesti dipenuhi sebelum kita membuat blog, persayaratan ini mutlah harus dipenuhi agar blog yang akan atau telah kita buat tersebut dapat eksis dan mencapai target dari pembuatannya, syarat tersebut yakni mimiliki account email dan koneksi internet.
• E‐MAIL Sebelum membuat blog kita harus mempunyai account E‐mail yang aktif, bisa dari Yahoo.com, Telkom.net, Plasa.com, Hotmail, Gmail.com dan lain‐lain. Bila belum punya E‐mail, silahkan mendaftar terlebih dahulu.
• KONEKSI INTERNET Untuk membuat blog dibutuhkan koneksi internet, bisa dikerjakan di rumah sendiri, di kantor pada saat jam istirahat atau di warnet terdekat dengan menggunakan layanan internet telkomnet instan, speedy dan lain‐lain.
• Tidak melanggar Undang- Undang IT
• Tidak menyinggung instansi , pemerintah, ataupun individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer